Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Dibangunnya Selokan Mataram

www.infokotajogja.com - Sejarah Dibangunnya Selokan Mataram, Selokan Mataram adalah selokan yang terletak di bagian utara Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan memanjang dari barat sampai timur. Selokan ini menghubungkan antara Sungai Progo dan Sungai Opak. Selokan ini dari dulu hingga sekarang masih dijadikan saluran pengairan atau irigasi bagi ratusan hektar sawah di Yogyakarta.

Sebagian besar penduduk Jogja pasti telah mengetahui keberadaan selokan Mataram, namun sebagian besar pula belum mengerti tentang sejarah dibangunnya selokan ini. Keberadaan Selokan Mataram sudah ada sejak jaman penjajahan Jepang. Pada saat itu, Jepang melakukan kerja paksa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Romusha untuk melawan sekutu di Pasifik. Penduduk pulau Jawa dipekerjakan keluar pulau untuk membantu Jepang memerangi musuh. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang diseret Jepang untuk melakukan kerja paksa dengan tipuan harta serta kebebasan. Akan tetapi, kenyataannya justru masyarakat Indonsia tidak pernah kembali ke tanah kelahirannya lagi.

Dari fenomena tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, selaku Raja Yogyakarta ketika itu, berusaha menyelamatkan warganya dari tipuan Romusha (kerja paksa). Dengan kebijaksanaan dan kecerdasannya, akhirnya beliau meminta Jepang untuk membangun selokan guna mengairi area persawahan di Yogyakarta agar tidak kekeringan dan dapat membantu bahan pangan tentara Jepang ketika perang. Gagasan tersebut akhirnya disetujui oleh Jepang dan Yogyakarta tidak perlu lagi mengirimkan masyarakatnya untuk kerja paksa keluar Jawa, melainkan kekuatan penduduk tersebut digunakan untuk membangun selokan di Yogyakarta.

Keberadaan Selokan Mataram ini memang dapat mententramkan dan mensejahterakan masyarakat Yogyakarta dari dulu hingga sekarang. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengairan atau irigasi, akan tetapi dapat juga dimanfaatan untuk lokasi olah raga adventure sampai lokasi pemancingan. www.infokotajogja.com - Sejarah Dibangunnya Selokan Mataram

Post a Comment for "Sejarah Dibangunnya Selokan Mataram"