Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Hewan Kurban




 infokotajogja.com - Memilih Hewan kurban penting dilakukan karena kurang dari 2 hari lagi para pemeluk agama Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau "Bodho Gedhe" dalam bahasa jawa. Para pedagang hewan kurban sudah mulai menjual hewan ternak mereka baik itu sapi atau kambing. Ada hal - hal yang perlu masyarakat ketahui sebelum membeli hewan kurba baik itu sapi atau kambing.

Menurut Ibu Elly Waslihah, Kepala Dinas Peranian dan Ketahanan Pangan Bandung. Beliau mengatakan yang intinya ada beberapa pedangan hewan qurban yang menjual hewan kurbannya dalam kondisi tidak sehat seperti ada belek pada mata, dan ada juga yang terkena cacar. Sehingga tidak memenuhi syarat berkurban dan akan membahayakan masyarakat jika hewan kurban tidak sehat

Banyak yang belum paham tentang hewan kurban yang layak itu yang seperti apa. Pertama hewan kurbannya harus di atas satu tahun untuk kambing sedangkan sapi di atas dua tahun, Untuk mengetahui hal tersebut bisa di lihat melalui giginya apa giginya itu gigi susu atau sudah ada yang tanggal giginya. Umur merupakan syarat sahnya kurban.

Ciri kambing untuk kurban, dapat kita lihat dari mata yang bersih, mata bersinar dan matanya tidak belekan, bulu kambing bersih dan mengkilat serta tidak skabies, skabies adalah penyakit pada kulit. Kotoran tidak mencret, tanduk kambing  harus utuh atau tidak patah , harus berumur lebih dari satu tahun dapat dilihat dari giginya (seperti yang dijelaskan di atas)
 
Sedangkan sapi yang cocok untuk kurban memiliki ciri kulit sapu harus bersih, moncongnya (hidung) selalu basah, matanya juga  bersih dan bersinar, kotoran sapi tidak terlalu cair  dan serta gigi sapi bagus. Jangan takut untuk menannyakan kondisi hewan kurban/ meminta tolong mengecekan hewan kurban sesuai kriteria diatas. Dan tanyakan pula surat izinya karena semua pedangang memiliki surat izin. Sekian tips memilih hewan kurban semoga bermanfaat.

picture copyrigt : http://blognyasukmasuci.files.wordpress.com/2012/03/senyum-kambing.jpg

Post a Comment for "Tips Memilih Hewan Kurban "