Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Masjid Pertama di Jogjakarta "Masjid Kota Gede"

  
infokotajogja.com - Jalan - jalan ke kota jogjakarta sempatkan waktu kalian untuk berkunjung ke Masjid Kota Gede. Untuk menuji kemari amatlah mudah karena Masjid ini biasa di lewati para wisatawan yang ingin ke makam raja mataram. Tepatnya masjid ini terletak di dekat pasar Kota Gede. Namun saran saya jangan gunakan mobil karena akan membuat macet jalan di sekitar pasar yang ramai. Masjid ini adalah masjid tertua di Jogjakarta bahkan lebih tua dari Masjid Agung Kauman dekat Alun Alun Utara.

Ketika masuk gerbang menuju masjid di tengah halaman tersebut ada sebuah pohon beringin yang berukuran besar, cukup tinggi dan rindang sehingga halaman tersebut teduh. Biasaanya di bawah pohon itu untuk tempat parkir. Pohon Beringin ini sudah berusia ratusan tahun makannya warga sekitar menyebutnya "wringin sepuh" yang berarti pohon beringin tua. Ada kepercayaan jika kita bersemedi di bawah pohon tersebut akan mendapat kemujuran dan semua permintaan kita dikabulkan.

Untuk ke masjid ini tidak perlu biaya masuk karena ini merupakan tempat ibadah bagi kaum musilm. Namun akan dikenai biaya parkir yang di kelola warga. Parkirnya tidak mahal kok hanya 1000 rupiah untuk motor dan 2000 rupiah untuk mobil. Selain dapat melihat ke agungan masjid ini para wisatawan juga bisa solat bagi yang muslim di masjid yang unik dan penuh dengan sejarah ini .

Di dalam masjid ada sebuah mimbar dengan ukiran yang unik. Bangunan Masjid ini tergolong sebagai bangunan Jawa yang berbentuk limasan. Ada juga sebuah bedug yang berukuran besar dan sebuah kentongan yang di letakan bersebelahan. Bedug dan ketongan ini juga berusia tua tidak jauh beda dengan masjidnya. Biasanya di gunakan sebagai penanda sudah masuk waktu solat.

Sekian itu dulu dari infokotajogja.com baca juga artikel lainnya .






Post a Comment for "Inilah Masjid Pertama di Jogjakarta "Masjid Kota Gede""